Terapi Renang bagi yang Mengalami “Saraf Kejepit”

Renangyuk.com – Beberapa waktu yang lalu ada rekan kantor yang mengalami apa yang disebut orang dengan istilah “saraf kejepit”.

Sepertinya terasa sakit sekali disekitar tulang belakang bagian bawah, sehingga untuk menghilangkan rasa sakit tersebut dibutuhkan bantuan obat penghilang rasa sakit yang hanya dapat menahan sakit untuk beberapa saat saja.

Menderita sekali yah ?! 😓

Apa sih saraf kejepit itu ?

Dilansir dari hellosehat.com disebutkan bahwa saraf kejepit merupakan kondisi yang diakibatkan oleh gangguan saraf yang menyebabkan penonjolan lapisan atau bantalan permukaan ruas tulang belakang dari ruas antar tulang.

Tonjolan tersebut dapat menekan saraf dan menyebabkan nyeri yang luar biasa hebat. Saraf kejepit atau dalam istilah medis disebut hernia nucleus pulposus (HNP) biasanya terjadi di bagian tulang belakang dari leher sampai ke punggung bawah.

saraf kejepit

 

 

 

 

Seperti halnya nyeri punggung bawah, 90 persen kasus saraf kejepit terjadi di daerah punggung bawah atau HNP lumbalis.

Secara umum, saraf kejepit dapat membaik dalam hitungan hari hingga minggu. Namun, jika gejala yang dialami tidak kunjung reda, sebaiknya mintalah saran dari dokter mengenai perawatan lanjutan yang perlu dilakukan.

Biasanya dokter yang baik akan menyarankan penderita untuk melakukan terapi dan pengobatan dengan 5 pilihan yakni berenang, akupuntur, senam, minum obat dan pilihan terakhir yakni operasi.

Renang menjadi pilihan terbaik ?

Berenang selalu menjadi pilihan pertama karena memiliki keunggulan diantaranya:

  1. Bisa dilakukan sendiri
  2. Tidak terasa atau terlampau nyeri dibandingkan melakukan gerakan di darat.
  3. Dapat lebih leluasa melakukan berbagai gerakan karena dibantu oleh daya apung air untuk melawan gravitasi.
  4. Air memiliki kemampuan dan keajaiban meremas, memijat, menahan, mendorong dan menarik, sesuai dengan keinginan kita melalui gerakan yang kita lekukan dan kendalikan sendiri.
  5. Di air kita bisa melakukan gerakan secara lebih bebas dan kearah manapun.
  6. Di air kita bisa menggerakkan semua otot tubuh mulai dari kaki hingga leher.

Biasanya, di fase awal menderita penyakit ini, kita mungkin tidak bisa melakukan hal lain selain berbaring di tempat tidur. Namun, bed rest berlebihan ternyata justru melemahkan otot Anda dan membuat sendi menegang.

Ketika kita berada di dalam air, berat badan akan terasa lebih berkurang sehingga mampu mengurangi beban tubuh ketika bergerak.

Selain sebagai terapi fisik, berenang juga mampu menguatkan otot tulang belakang serta menguatkan bantalan yang cedera.

Berenang tidak menyebabkan bantalan yang cedera terkena benturan ataupun tekanan sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan akibat saraf terjepit.

Yang perlu diperhatikan

Sebelum kita memulai aktivitas renang untuk mengatasi saraf terjepit, ada baiknya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter.

Jika dokter memperbolehkan bahkan menganjurkan kita untuk berenang, maka kita bisa memulai aktivitas ini.

Jika masih takut untuk memulai gerakan renang, cobalah untuk berjalan-jalan pelan terlebih dahulu di dalam kolam renang.

Pilihlah gerakan yang lembut dan tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga. Sebelumnya kita dapat menanyakan gaya renang yang cocok pada dokter.

Rutin berenang sesuai anjuran dokter dapat memperkuat otot perut dan punggung . Selain itu, cara ini juga membantu menstabilkan tulang belakang dan mengurangi kemungkinan tergelincirnya bantalan lainnya.

Terapi ini sudah dibuktikan oleh rekan kantor yang mengalaminya. Walaupun perlu usaha melakukan renang setiap dua hari sekali sebelum pergi kekantor 😜 tetapi akhirnya dapat sembuh dalam waktu yang cukup singkat.

Semoga bermanfaat..

Salam renangyuk !!

Leave a Reply