Memulai Renang – PART 1

Renangyuk.com – Apakah anda mempertimbangkan menjadi seorang perenang? Pilihan yang cukup bijaksana !

Renang merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling paling sehat, menyenangkan, dan beresiko rendah yang dapat dilakukan.

Terlepas dari tingkat kemampuan dan pengalaman, semua lapisan masyarakat dapat melakukannya.

Sesuai bertambahnya usia adalah hal penting untuk mempertimbangkan melakukan olah raga aerobik atau kebugaran fisik yang memiliki dampak rendah dan mudah dilakukan secara rutin.

Renang adalah kegiatan yang ideal bagi banyak orang yang tidak ingin melakukan jenis olah raga “high impact” seperti berlari atau jogging.

Mengkombinasikannya dengan diet seimbang yang sehat, berenang secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan dengan mudah seperti melakukan kegiatan fisik lainnya contohnya berlari.

Bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan, berenang adalah cara terbaik untuk berolahraga karena dapat mengurangi tekanan pada sendi kaki.

Berenang memiliki manfaat lainnya sebagian latihan kardiovaskular tubuh seperti olah raga lainnya.

Seperti memulai kegiatan kebugaran fisik lainnya sebelum memulai rutinitas renang pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mulailah perlahan-lahan dan tingkatkan porsi latihan. Ingat, kecepatan dan jarak tidak lebih penting dibandingkan dengan jumlah waktu anda melakukan aktifitas renang !!

Menurut the American Heart Association, hanya dengan melakukan 30-60 menit aktivitas fisik 3-4 hari seminggu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Program aktivitas fisik secara teratur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Ide yang baik untuk memantau denyut jantung sambil berenang. Mulailah dengan menentukan maksimum denyut jantung.

Pada orang dewasa sehat dengan tidak memiliki riwayat penyakit jantung, denyut jantung maksimum yang direkomendasikan oleh dokter adalah “220 ” dikurangi umur individu.

Sekali setelah denyut jantung maksimum diketahui lakukan cek secara rutin setiap setelah melakukan aktifitas renang.

Rasakan denyut jantung dan hitung detak jantung setiap 10 detik. Gunakan bantuan jam agar lebih akurat. Kalikan jumlah tersebut dengan enam untuk mendapatkan detak jantung maksimum.

Referensi : www.usms.org

 

Leave a Reply