Catatan Harian 180715

Renangyuk.com – Sudah lama tak mengunjungi kota dimana saya tinggal selama menjalankan pendidikan sejak dari TK hingga kuliah ..ya kota Bandung.

Teringat ketika sekitar tahun 1983. Saat saya berkeinginan untuk mengunjungi kolam renang yang baru dibangun di jalan Maskumambang bandung yaitu Pasundan Plaza. Saya masih SD kelas 4..hehe

Waktu itu Pasundan Plaza adalah salah satu tempat yang telah memiliki kolam renang cukup modern dengan wahananya yang cukup membuat saya penasaran.

Ada tiga kolam yaitu kolam anak yang biasa, kolam arus yang airnya cukup hangat dan berputar dan yang paling asyik adalah kolam ombak.

Ombak buatan yang aktif pada jam-jam tertentu sangat ditunggu-tunggu oleh para pengunjung tempat ini yang tentunya sangat menantang.

Saat itu saya belum bisa “berenang” hehe…nekad mencoba menceburkan diri ke kolam arus yang sedang aktif tanpa pelampung. Aliran arusnya cukup deras dan kencang.

Kedalamanya kurang lebih 120 cm. Memang tidak terlalu dalam sih tapi cukup membuat saya tenggelam dan terhanyut seperti sepotong kayu yang terseret arus sungai.

Kondisi ini membuat saya panik dan mencoba untuk meraih pelampung orang-orang yang berada disekitar saya.

Sialnya setiap saya berhasil memegang pelampung orang lain tangan saya selalu ditampik dan akhirnya tenggelam kembali…waduh ngeri deh..hehee

Untung saat itu saya kesana bersama rekan-rekan wanita kakak waktu itu masih SMP (SMP BPI) yang ca’em-ca’em..ya iya lha orang bandung lho…hehe.

Rekan kakak ada yang melihat dan mencoba menolong saya. Beruntung akhirnya saya dapat memegang tiang besi yang berfungsi sebagai pegangan dipinggir kolam arus. Tentunya setelah ditolong rekan kakak tersebut.

Sejak kejadian tersebut saya sempat trauma untuk berenang kembali..!!!

Suatu saat saya diajak kembali oleh kakak ikut mengantar les renang di kolam renang Tirta Merta Bandung. Kolam ini terletak di jalan Belitung 10 berdekatan dengan SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung.

Sambil menunggu jadwal les yang dimulai jam 3 sore waktu itu saya hanya duduk dan berkeliling-keliling melihat suasana kolam yang cukup adem karena sejuknya udara di Bandung.

Akhirnya tibalah saat latihan, saya mengamati setiap kegiatan yang sedang berlangsung.

Kegiatan dimulai dengan pemanasan yaitu lari-lari kecil mengelilingi lapangan terbuka di Lt.2 selama kurang lebih 5 menit dilanjutkan dengan gerakan peragangan otot baik tangan maupun kaki.

Kemudian seluruh perenang baik laki-laki maupun perempuan menuju kolam renang dan mulai melakukan gerakan “meluncur” kemudian diikuti gerakan kaki dan tangan menggunakan gaya bebas secara bergantian. Kurang lebih 5 kali bolak balik panjang kolam renang sekitar 30 meter jadi sekitar 150 meteran lha ya..

Setelah itu perenang pria dan wanita dipisahkan dan dilatih oleh pelatih masing-masing disisi kolam secara terpisah.

Akhir latihan para perenang (yang sudah bisa) diwajibkan melakukan “sprint” semua gaya renang masing-masing gaya dilakukan sebanyak dua kali panjang kolam renang.

Disini saya merasa kagum melihat para perenang yang sudah mahir.

Gerakan renang yang sangat elegan dan nyaris sempurna. Terutama saat melihat perenang putra dan putri melakukan gerakan renang gaya kupu-kupu.

Gerakannya yang indah dan seimbang antara tangan, bokong dan dorongan kaki dapat mengangkat tubuh seperti ikan lumba-lumba..hehe

Kegiatan hari itu membuat saya berkeinginan mengikuti les renang juga.

Singkat cerita akhirnya saya mendaftarkan diri dan mengikuti les renang bersama kakak.

Disinilah awal mulanya saya menyukai olah raga renang.

Banyak sekali cerita seru saat mengikuti kegiatan les renang ini dari jadi mulai memiliki banyak teman baru dan lain-lain terutama saat melakukan latihan bersama rekan-rekan perenang wanita..hehe

Bersambung pada catatan harian berikutnya…😉

Salam renangyuk !!

Leave a Reply